Ambil
posisi sejajar disebelah kendaraan kira-kira jarak 1 meter. Mobil anda harus
lurus dan anda juga harus meluruskan rodanya sebelum anda berhenti. Luangkan
waktu anda untuk mengamati posisi parkir dan tetap waspada terdahap pengguna
jalan lainnya.
Jika
perlu, pertanda isyarat kiri dapat digunakan untuk menunjukan bahwa anda
berniat untuk berhenti. Ingatlah untuk mematikan tanda isyarat ini sebelum ini
anda memulai bermanuver. Begitu anda mengemudikan mobil dengan gigi mundur,
lampu belakang anda akan membantu memberi syarat niat anda.
Mundur
– POM
Seperti
biasa, pastikan anda mempersiapkan, mengamati dan bergerak secara berurutan.
Gunakan rem kaki untuk mencegah mobil terpelanting, amati secara efektif daerah
sekitar termasuk kedua titik buta (blindspot). Sebelum mulai bergerak, anda
seharusnya memperhatikan melalui atas bahu kiri anda, melalui jendela belakang.
Putaran
pertama – Kekiri
Kemudi
diputar kekiri kira-kira setengah jalan melewati mobil disebelah anda. Bagian
depan mobil akan berayun ke kanan saat anda berputar, jadi pastikan anda
berbelok dan memeriksa sisi kanan termasuk titik buta (blindspots) sebelum anda
bergerak lebih jauh. Tetap berjalan lambat menggunakan pedal kopling.
Perhatikan belakang anda dan lirik sekitar anda, periksa pengguna jalan
lainnya.
Putaran
kedua – ke kanan
Ketika
anda mencapai sudut kira-kira 450 mulailah memutar stir ke kanan sampai
roda depan dalam posisi lurus. Bagian depan mobil anda sekarang akan mulai
bergerak menuju trotoar atau tepi jalan. Pastikan anda memiliki ruang yang
cukup untuk mobil di depan.
Camber
bisa menyebabkan mobil berjalan kencang, jadi bersiaplah untuk menekan kopling
ke lantai dan gunakan rem kaki untuk mengontrol kecepatan.
Putaran
ketiga – meluruskan
Saat
mobil anda mulai sejajar dengan trotoar atau tepi aspal putar stir ke kanan
sampai mentok dan sejajarkan mobil anda dengan tepi jalan. Cobalah untuk
mengatur sehingga roda mobil anda menjadi lurus ke depan. Anda mungkin harus
menggunakan kopling untuk menjaga agar mobil tetap bergerak. Ingat untuk terus
melihat ke belakang dan disekitarnya serta kaki kanan harus tetap standby di
pedal rem.
Untuk melihat videonya silahkan klik disini
0 Komentar