Berhenti
mendadap bukan sebuah manuver. Anda mungkin akan diminta untuk melakukan
pemberhentian darurat selama pembelajaran anda. Jika anda diminta melakukannya,
penguji akan memberitahu sebelumnya dan juga memastikan bahwa hal itu aman
untuk sebelum memberi perintah untuk berhenti. Tujuannya adalah untuk membawa
kendaraan berhenti dengan cepat dan dibawah pengawasan penuh.
Berhenti
• Mengidentifikasi hal-hal yang
diperlukan untuk berhenti segera.
• Tidak ada
pemeriksaan kaca spion: anda seharusnya memiliki pemahaman atas apa yang ada di
belakang.
• Reaksi cepat. Pindahkan kaki kanan
dari gas ke pedal rem
• Jaga pegangan kuat pada roda kemudi
dengan kedua tangan pada saat pengereman
• Tingkatkan tekanan secara perlahan
pada rem
• Dorong kopling ke lantai sesaat
sebelum berhenti
• Setelah sepenuhnya berhenti, tarik rem
tangan
• Pilih netral dan lepaskan pedal
Bergerak
– POM
• Prepare
/
Persiapan: pilih gigi 1, tangan dan kaki bersiap untuk bergerak
• Observe
/
Mengamati: lakukan pengamatan efektif daerah sekitar, ingat titik buta
(blindspot)
• Move
/
Bergerak: bergerak apabila aman
a. Perencanaan
Pentingnya
perencanaan dan antisipasi saat berkendara. Bayangkan seorang pejalan kaki
muncul di jalan anda dari balik mobil yang sedang terparkir. Pengemudi yang
lalai akan terkejut, mengerem dengan tiba-tiba, tetapi barangkali terlambat
untuk menghindari malapetaka. Bahkan jika tabrakan dengan pejalan kaki
dihindari, pengereman mendadak dapat menyebabkan kendaraan ini bertabrakan dari
belakang. Semua ini dengan sangat mudah dihindari dengan sedikit perencanaan
dan antisipasi.
Sekarang
bayangkan situasi yang sama, tetapi si supir memindai pemandangan dari sisi ke
sisi dan merencanakan kemungkinan-kemungkinan.
Pertama-tama,
pengemudi akan mengidentifikasi mobil yang diparkirkan sebagai potensi bahaya
dan secara aktif mencari tahu apakah ada kemungkinan yang akan muncul dibelakangnya:
•
Apakah ada seseorang yang berpindah ke area tersembunyi dari
belakang mobil yang terparkir?
•
Apakah
ada kaki yang terlihat di dalamnya?
•
Apakah
ada seseorang yang terlihat di dalam mobil yang mungkin membuka pintu?
•
Bisakah
mobil tersebut berpindah?
Jika
ruang terbatas, pengemudi akan sudah mengurangi kecepatannya mendekati mobil
yang sedang terparkir.
Ini
karena dia merencanakan kemungkinan terjadinya bahaya dan cara menghadapinya.
Kemungkinan menghadapi bahaya semacam itu adalah hasil dari antisipasi dari
kemungkinan kejadian yang terjadi, yang terpenting dia telah bersiap sebelum
dia membutuhkan persiapan. Dia harus segera memeriksa kaca spion dan tahu
persis apa yang ada di belakang dan di sampingnya. Kecepatannya sudah turun dan
lampu remnya terlihat oleh pengendara lain. Dia secara aktif mencari tahu
bahaya yang berkembang dan dia waspada serta siap untuk melakukan tindakan yang
diperlukan.
Begitu
bahaya spesifik diidentifikasi, pengemudi ini tidak hanya tahu tentang segala
hal yang terjadi di sekelilingnya. Karena dia telah mengurangi kecepatanny, dia
memiliki banyak waktu untuk memikirkan respon yang sesuai dan dia dapat
merespon dengan cara yang paling aman, dengan mempertimbangkan waktu dan tempat
yang tersedia.
0 Komentar